Langsung ke konten utama

Pertama Kali Rilis Game


      “Saya Hanya Bola - Tergelinding Tak Berdaya” adalah judul game ke-5 saya dan pertama yang saya publikasikan. Platform game ini adalah WebGL dan dikategorikan sebagai game puzzle, didalamnya kita harus mengendalikan labirin agar bola didalamnya jatuh sampai ke tujuan. Konsepnya hampir mirip dengan mainan jaman dulu, bedanya disini terdapat rintangan yaitu harus menghindari rintangan berupa gergaji berjalan. Sebenarnya sebelum membuat proyek ini saya sudah punya proyek lain, yaitu game 2D bergenre adventure. Hanya saja untuk game yang pertama dirilis seharusnya jangan terlalu rumit dan juga supaya saya tidak terlalu dituntut untuk membuat game yang lebih bagus dari sebelumnya.


      Terdapat cerita di dalam game ini yaitu, karakter utama bernama Deni baru saja putus karena pacarnya tertarik pada teman Deni yang lebih tampan. Kemudian para pemain game diajak untuk membantu Deni bangkit lagi dari keputusasaan, sampai bisa membalas dendam. Walaupun di dalam game ini terdapat masalah percintaan, bukan berarti saya peduli dengan percintaan melainkan karena kebetulan terlintas dipikiran. Saya membuat game ini mulai dari konsep setelah itu membuat cerita. Menurut saya, bola yang terus terjatuh dapat melambangkan keputusasaan dan ketidakberdayaan. Dan akhirnya terciptalah cerita, seorang pria yang ditikung temannya sendiri.


      “Saya Hanya Bola” adalah judul utama sedangkan “Tergelinding Tak Berdaya” adalah judul dari seri pertamanya. Saya berencana membuat seri keduanya dengan subjudul “Siapapun! Hentikan Cegukan Ini!”. Ceritanya berlanjut dari seri pertamanya yaitu, setelah putus dari pacarnya, Deni tertarik pada gadis yang sering dia temui di perpustakaan. Tetapi Deni selalu grogi dan cegukan ketika bertemu dengan gadis itu. Nah! Kemudian pemain diminta untuk membantu Deni untuk menghilangkan rasa groginya agar bisa lebih dekat dengan gadis itu. Yang pasti game ini memiliki akhir bahagia dan mungkin jadi penutup seri. Tapi untuk perilisan, rencananya setelah saya membuat dan merilis game bergenre adventure.


      Banyak drama saat perilisan. Saya harus menentukan tanggal pasti perilisan, karena tanggalnya itu nanti saya tampilkan di dalam game dan website. Awalnya rencana rilis 31 Maret, tapi malah jadi 3 April 2020. Alasannya adalah kurang persiapan. Saat perilisan banyak yang dikerjakan yaitu, mengatur tanggal rilis didalam game, publish proyek ke platform WebGL, upload game ke web, atur tanggal rilis game di web, pembaruan semua halaman web dan berbagi ke sosial media, itu semua harus dilakukan dalam satu hari. Harusnya jangan terburu - buru merilis kalau halaman web belum siap. Halaman beranda dan halaman deskripsi game tidak saya persiapkan sama sekali sedangkan halaman gamenya sudah tetapi ada sedikit perbaikan. Berbagi ke sosial media secara mendadak dan belum mempersiapkan kata - kata.


      Untungnya semua pekerjaan selesai walaupun dikerjakan tembus lewat jam 12 malam yang berakibat beberapa kiriman sosial media saya bagikan lewat tanggal. Setelah itupun ternyata masih ada yang kurang. Saya lupa mengganti gambar utama di web, lupa melengkapi informasi terbaru dan masih ada beberapa kesalahan dalam web. Sungguh malam yang melelahkan.


Saya Hanya Bola - Tergelinding Tak Berdaya
Desktop WebGame | Puzzle | Everyone / 16+
Deni is an unlucky man. He just broke up because his girlfriend was attracted to Deni's friend who was better looking. Help Deni to rise from his despair and get revenge.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buat Game dengan Program yang Lebih Rumit

"Ribet kali, semua fungsi harus dijalankan berurutan dan harus bisa di jeda" . Aku merilis game yang berjudul "Susun Atas" untuk platform mobile webgame. Grafiknya bertema piksel dan tema musiknya sama seperti gameku sebelumnya yaitu, musik Jazz. Di dalam game pemain berperan sebagai orang yang bekerja di perusahaan pengiriman barang. Tugasnya adalah menyusun paket kedalam truk dengan cepat dan benar. Game ini bergenre arcade sehingga tidak diberlakukan level stage dan pemain harus bermain atau bekerja selama mungkin sampai akhirnya dipecat. Kenapa aku bilang pemrogramannya lebih sulit dari gameku sebelumnya? Karena ada beberapa keadaan yang harus di eksekusi secara berurutan, baik itu di skrip maupun di animasi. Secara garis besar ada dua keadaan yaitu, keadaan pemain dapat kendali dan keadaan pemain menunggu giliran. Pada saat game dijeda, ada keadaan baru yaitu animasi dan skrip harus bersamaan berhenti tetapi hanya untuk keadaan pemain dapat kendali. Sedangkan u

Awal mula gemar selfie

      "aku, suka selfie? ah tidak..." . Sebenarnya dulu saya tidak suka selfie, karena waktu kecil belum jamannya foto sendiri. Namanya juga kelahiran 99, tambah lagi lahir di desa, tidak ada yang namanya HP atau kamera, paling - paling dulu kalau mau foto ke studio foto dan menunggu hasil fotonya beberapa hari. Bahkan dulu pernah saya dibuat kagum dengan HP orang yang memiliki kamera dan bisa menyimpan banyak foto. Semenjak itu saya ingin sekali memiliki HP yang memiliki multimedia seperti musik, foto dan video.       Kira - kira waktu kelas 6 SD akhirnya saya memiliki HP yang saya inginkan. Di tempat tinggal saya pada saat itu lagi musimnya HP Cina murah, bahkan ada kios yang khusus menjual HP Cina. HP yang saya beli ini bisa dibilang luar biasa. Saya memilih harga yang tinggi dengan spesifikasi yang tinggi juga pada saat itu. "Pada saat itu ya! pada saat itu!" . Dia memiliki spiker besar dan tiga kamera. Nah! di kamera ini yang saya suka, kamera utama p

Pengalaman mempelajari bahasa pemrograman

      "gak nyangka bisa bahasa pemrograman" . Alasan kenapa ingin mempelajari bahasa pemrograman adalah karena saya ingin bisa membuat game. Membuat game pada umumnya harus mempelajari skrip bahasa pemrograman tetapi ada juga yang tidak, seperti sistem drag and drop. Saya lebih memilih menggunakan skrip, tujuannya agar lebih leluasa dalam memprogram. Tidak seperti sistem drag and drop yang mempermudah pemrograman, tapi terbatas jika ingin membuat program unik. Tetapi tetap saja sistem drag and drop tidak boleh diremehkan, karena biasanya orang yang menggunakannya adalah orang yang kreatif. Bagaimana tidak! dengan memanfaatkan bahan yang ada mereka juga bisa membuat game yang luar biasa.       Bahasa yang saya pelajari pertama kali adalah ActionScript 2.0. Pada saat itu saya membuat game yang pertama kali menggunakan aplikasi pembuat animasi flash yang juga bisa untuk membuat game dengan sebutan game flash. Game flash biasa dimainkan melalui website dan dimainkan langsu